Sunday 18 May 2014

Informasi Tentang Geografi Versi Pelajar Indonesia Raya


Karena sebentar lagi kita akan menghadapi Ulangan Kenaikan Kelas untuk kelas VII dan VIII SMP, serta X dan XI SMA. Maka, blog Pelajar Indonesia Raya akan memberikan sedikit ilmu untuk kalian semua, saya harap ilmu ini berguna dan kalian tetap semangat belajar :)

1. Pulau apa yang paling luas di dunia???

Green Land adalah pulau yang sangat luas di dunia dengan ukuran 2.175.600 meter persegi atau sama dengan 15 kali luas Pulau Jawa

2. Apakah pasir hisap itu???

Pasir hisap adalah sebuah tempat yang dipenuhi pasir halus mengandung air dan tidak dapat menahan benda di atasnya. Di bawah pasir itu terdapat satu lapisan tanah liat yang menahan air agar tidak meresap keluar. Air menyebabkan pasir tidak berkumpul dan tidak juga mengendap di dasar. Jika seseorang terjatuh ke dalam pasir hisap, dia akan tenggelam perlahan-lahan. Jika ia berontak, maka ia akan semakin terhisap.

3. Apa nama sungai terpanjang di dunia???

Sungai Nil adalah sungai terpanjang yang mengalir sejauh 6.695 Kilometer. Sungai ini berawal di Danau Victoria, Uganda dan Danau Tana, Ethiopia dan berakhir di Laut Mediterania. 
Sungai ini melewati beberapa negara, antaranya Uganda, Sudan, Mesir, Ethiopia, Zaire, Kenya, Tanzania, Rwanda dan Burundi.

4. Dimana tempat yang paling dingin???

Oymyakon di Siberia. Suhu disana mencapai -71.1 derajat Celcius (-96 derajat Fahrenheit). Selain itu ada beberapa tempat yang sangat dingin seperti di Green Land. Jadi tempat yang paling dingin di dunia bukanlah Kutub Utara atau Kutub Selatan. Rata-rata suhu di kutub lebih tinggi daripada di tempat tersebut.

5. Tahukah kamu tempat dengan curah hujan tertinggi dan terendah di dunia???

Gunung Wai-ale-ale di Hawwai mengalami hujan setiap harinya, maka dari itu tempat tersebut dikatakan tempat paling lembab. 
Sedangkan di Gurun Atacama, Chile. Hujan tidak pernah turun selama 400 tahun, dan tercatat hujan turun di daerah itu pada tahun 1971.

Itulah informasi-informasi tentang geografi versi Pelajar Indonesia Raya :) Selamat Menikmati dan Salam Pelajar!

0 comments:

Post a Comment