Saturday 17 May 2014

Penjelasan Singkat Mengenai Komputer


Pengertian Komputer

Komputer, sudah menjadi bagian dari setiap lapisan masyarakat. Diambil dari kata compute yang artinya menghitung, yang semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika.

Komputer dibagi atas 3 bagian, yaitu:

  1. Hardware adalah perangkat keras yang dapat dilihat dengan mata telanjang, serta dapat disentuh. Hardware dibagi juga atas 2 bagian, yaitu Input (Scanner, WebCam, Keyboard dan Mouse) dan Output (Monitor, Projector, Printer dan Speaker)
  2. Software adalah perangkat lunak yang tidak dapat dilihat wujudnya dan tidak dapat disentuh. Misalnya; Windows, LINUX, Ubuntu, UNIX dan MS-DOS
  3. Brainware adalah pengguna komputer (client/user)

Media Penyimpanan Pada Komputer

Komputer memiliki 6 media penyimpanan, yaitu:
  1. Disket, merupakan media penyimpanan dengan ruang paling kecil. Untuk penggunaannya pertama kali haruslah di format terlebih dahulu.
  2. CD/DVD Room, merupakan media penyimpanan berbentuk cakram.
  3. Flashdisk/Flash Drive, merupakan penyimpanan dengan ukuran yang cukup besar dan sudah cukup canggih dengan didukung oleh USB (Universal Serial Bus) yang sudah dimiliki banyak komputer pada zaman sekarang.
  4. Harddisk Internal, penyimpanan yang berada di dalam Casing CPU yang memiliki kapasitas ratusan GigaByte.
  5. Harddisk Eksternal, penyimpanan seperti FlashDisk namun dengan kapasitas yang sudah mencapai 1 TeraByte.
  6. RAM (Random Access Memory), merupakan penyimpanan sementara dalam sebuah komputer. Teknologi RAM sekarang sudah mencapai DDR3 dan katanya sebentar lagi akan dirilis DDR4.

Sistem Operasi Komputer

Sistem Operasi adalah program yang bertindak sebagai perantara antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Sistem operasi dibuat dengan tujuan mempermudah interaksi antara pengguna komputer dengan komputer itu sendiri.

Sistem Operasi merupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang disebut Bahasa Komputer (Bahasa Mesin). Penggunaan Processor, Memory, Harddisk, Power Supply semuanya diatur oleh sistem operasi.

Jenis-jenis Sistem Operasi

Ada 5 jenis sistem operasi yang beredar di masyarakat luas, antara lain:
  1. DOS (Disk Operating System), merupakan Operating System berbasis teks. Contohnya: MS-DOS, Apple DOS, Atari DOS dan Commodore DOS.
  2. UNIX, adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh suatu kelompok di AT & T (Perusahaan Telekomunikasi) di Laboratorium Bell. UNIX biasa digunakan untuk server dan workstation. UNIX lebih dikembangkan sebagai sistem operasi yang kuat daripada sistem operasi Personal Computer (PC).
  3. Microsoft Windows, merupakan sistem operasi berbasi GUI (Graphic User Interface) yang friendly user (bersahabat). Microsoft Windows merupakan sistem operasi yang menanamkan fitur multi-tasking (bisa membuka banyak aplikasi dalam satu jendela).
  4. Apple Mac OS, merupakan turunan UNIX melalui jalus BSD (Berkeley Software Distribution). Jadi kekuatan sistem operasi UNIX juga terdapat pada Mac OS ini.
  5. LINUX, diciptakan oleh seorang ahli komputer bernama Linus Torvalds. Linux sangatlah mirip dengan UNIX, hal ini dikarenakan kompatabilitas UNIX merupakan tujuan utama design LINUX dan LINUX merupakan sistem operasi yang sangat cepat dalam pengembangannya, ini dikarenakan LINUX adalah sistem operasi Open Source alias gratis dan kalian juga bisa mengakses source code tanpa perlu bersusah payah.

0 comments:

Post a Comment